Pengawasan Peredaran Benih Tembakau di Desa Sudalarang Kecamatan Sukawening Garut

Pengawasan Peredaran Benih Tembakau di Desa Sudalarang Kecamatan Sukawening Garut

Bandung – Kemarin (19/03) tim PBT BPSBP melakukan pengawasan peredaran benih tembakau di Desa Sudalarang Kecamatan Sukawening Garut. Hal ini dilakukan untuk memantau setiap benih tembakau yang akan disalurkan agar benih yang disalurkan tetap terjaga kualitas dan varietas benihnya. Setelah dilakukannya evaluasi/pengawasan benih, biasanya akan dilakukan sertifikasi. Dimana sertifikasi dilakukan untuk menilai kualitas benih mana yang siap disalurkan.

Dari hasil pemeriksaan, Penyemaian benih tembakau ini dilakukan dengan 2 cara, yaitu pertama penyemaian dengan penyebaran benih langsung ke tanah yang sudah siap disebar benih, kemudian setelah 20 hari penyemaian di tanah, masuk ke tahap berikutnya yaitu dengan cara pembumbunan atau krey benih. Masa dalam pembumbunan juga sama seperti pada penyemaian benih di tanah yaitu 20 hari. Setelah kurang lebih 40 hari benih baru bisa ditanam. Tembakau yang ditanam di kebun ini adalah tembakau dengan varietas Tegar D2. Memiliki luas kebun seluas 5 Ha dengan 12.000 pohon per Ha. Bentuk benih yang diperiksa adalah benih dalam polybag. Jumlah stok benih saat ini adalah 360.000 batang atau setara dengan 15 gram per Ha.

Seperti kita ketahui bahwa benih yang beredar di masyarakat adalah benih yang sudah terjamin kualitasnya. Dan didukung juga oleh Peraturan Menteri Pertanian No. 50/Permentan/KB.020/9/2015 tentang Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan. (hnf/2020)

PBT: Asep Cahyadi, SP., Ade Hidayat, SP., Nana Rudiana.

Tinggalkan Komentar

UPTD BPSBP
PROVINSI JAWA BARAT
Jln. Ir. H. Djuanda No. 377  Bandung 40135 Jawa Barat
Phone: 62 22–2505826
Fax: 62 22–2505826
Email: bspmb.provjabar@gmail.com

STATISTIK