Sertifikasi Benih Cengkeh di Kabupaten Tasikmalaya

Sertifikasi Benih Cengkeh di Kabupaten Tasikmalaya

Bandung – Cengkih/cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkeh juga salah satu jenis rempah dengan nilai jual yang tinggi. Salah satu penangkar cengkeh asal Tasikmalaya yang bernama Bapak Tata mengajukan permohonan sertifikasi benih cengkeh kepada BPSBP agar benih yang telah disertifkasi dapat disalurkan kepada masyarakat. Seperti kita ketahui, bahwa sertifikasi benih ini bertujuan untuk mendapatkan benih yang baik dan sesuai dengan standar SOP yang telah ditetapkan.

Tim PBT (Pengawas Benih Tanaman) BPSBP melakukan pemeriksaan pada tanggal 28 Februari 2020 yang bertempat di Kp. Bunisari RT.027 RW.004 Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Benih cengkeh yang disertifikasi adalah benih cengkeh dengan varietas unggul lokal yang berasal dari Kebun Sumber Benih PIT Cengkeh milik Endang Sutisna yang berasal dari Kecamatan Cikelet Kabupaten Bandung, dengan bentuk benih dalam polibag. Dari hasil pemeriksaan, benih cengkeh yang diperiksa berumur 15 bulan dengan tinggi rataan 66,5 cm. Benih yang disertifikasi memiliki rataan diameter 0.5 cm dengan standar sertifikasi diameter 0.4 cm. Dari hasil pemeriksaan, benih cengkeh tersebut memiliki warna hijau segar dan terbebas dari hama dan penyakit.

Benih yang diperiksa sejumlah 32.090 batang cengkeh, terdiri dari benih yang memenuhi syarat sejumlah 31.500 batang, dan benih yang belum memenuhi syarat sejumlah 590 batang. (hnf/2020)

 

Bandung, 12 Maret 2020.

PBT : Ir. Wawan

Tinggalkan Komentar

UPTD BPSBP
PROVINSI JAWA BARAT
Jln. Ir. H. Djuanda No. 377  Bandung 40135 Jawa Barat
Phone: 62 22–2505826
Fax: 62 22–2505826
Email: bspmb.provjabar@gmail.com

STATISTIK